08 September 2009

Usaha Jamur Tiram


Pada saat kondisi ekonmi yang serba sulit, kita dituntut untuk bisa menangani segala sesuatu dengan sangat efisen dan efektif. memiliki usaha sendiri merupakan salah satu alternatif yang tepat dijadikan solusi, satu diantara sekian banyak usaha yang memiliki peluang saati ini adalah budidaya jamur tiram putih, menurut MAJI (masyarakat Agribisnis Jamur) jamur tiram paling banyak diminati konsumen jamur tiram mendominasi dengan 55-60% total produksi nasional.
Dalam habitat aslinya jamur tiram dapat tumbuh optimal didataran tinggi dan didukung dengan tingakat kelembaban yang sesuai. Namun pada saat ini jamur tiram dapat tumbuh di dataran rendah asalkan suhu, kelembaban, dan komposisi media disesuaikan dengan habitatnya.
Hingga saat ini jamur tiram banyak dibudidayakan di jawa barat berdasarkan data yang ada jawa barat dapat memproduksi sekitar 10 ton tiap harinya dan mayoritas dipasarkan dalam bentuk jamur segar dan pemasarannya ke kota kerawang, bandung, bogor, sukabumi dan jakarta sendiri.

Didalam budidaya jamur tiram ada beberapa hal yang harus disiapkan antara lain.
1. Loksi budidaya
2. Kumbung / rumah jamur
3. Bibit jamur
4. Rak untuk baglog

Pada kesempatan ini dicukupkan dulu nanti dilain waktu dibahas lebih dalam lagi......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Site Meter